Friday, July 29, 2016

(UPDATE) Ulasan Fate/Grand Order di Smartphone

mainvisual
Mungkin dari beberapa fans seri anime Fate sudah mengetahui keberadaan mobile game ini, yap Fate/Grand Order. Setelah sekian lama muncul dalam bentuk kolaborasi dengan game lain, akhirnya seri anime Fate mempunyai gameofficial-nya sendiri. Fate/Grand Order dirilis oleh Aniplex Inc. yang juga merupakan rumah produksi seri anime Fate.Gameplay game ini cukup menarik, terutama sistem battle dan equipment, sehingga membuat penulis yang awalnya tidak mengikuti anime seri Fate, tertarik untuk mencoba game ini.
Mush, "servant" pertama pemain dengan kelas "Shielder".
Mush, “servant” pertama pemain dengan kelas “Shielder”.
Gamenya sendiri berlatar belakang tentang penyelamatan umat manusia dari kepunahan yang diprediksi akan terjadi pada tahun 2016. Pemain akan bermain sebagai “Master” yang mengendalikan sejumlah “Servant” untuk menjelajahi masa lalu dan menyingkap misteri dan asal-usul peristiwa ini, menyelamatkan masa depan umat manusia dari kepunahan total.
Setiap Servant Dilambangkan dalam Kartu. Setiap Kartu dapat Diberikan "Equipment" untuk Menambah Attribut serta Efek dari Servant.
Setiap Servant Dilambangkan dalam Kartu. Setiap Kartu dapat Diberikan “Equipment” untuk Menambah Attribut serta Efek dari Servant.
Secara garis besar, Fate/Grand Order menggunakan sistem Trading Card Game sebagai basis awal permainan ini. Pemain harus mengumpulkan kartu terkuat dari sistem gacha dan melakukan leveling kartu tersebut untuk memperkuat. Mungkin terdengar generic dikarenakan hampir semua mobile games menggunakan sistem yang sama. Tetapi apa yang membuat game ini menarik adalah sistem battle-nya.
Layar Battle
Layar Battle
Sistem battle dalam game ini tergolong cukup rumit dibandingkan dengan mobile games pada biasanya. Sebelum memulai quest, pemain harus menyusun party yang terdiri dari 6 servant (bisa kurang), 3 servant di garis depan (2 servant milik pemain sendiri, 1 servant milik teman), dan 3 lainnya sebagai backup jika ada salah satu servant di garis depan mundur. Dalam battle sendiri, pada turn pemain, pemain dapat mengaktifkan berbagai macam skill bawaan dari servant atau skill pemain sendiri. Skill yang tersedia cukup powerful, seperti membuat servant tidak menerima damagesama sekali selama 1 turn atau menambah damage secara signifikan. Perlu diperhatikan bahwa skill tersebut mempunyai cooldown yang cukup lama, sehingga mengharuskan pemain untuk bijak mengaktifkan skill, apalagi skill tersebut hanya berefek kepada 1 servant yang dipilih saja. Setiap servant juga mempunyai bar spesial bernama “NP”. Bar ini diisi dengan command khusus, dan jikalau penuh, maka servant dapat mengeluarkan jurus spesialnya setiap saat diperlukan pemain.
Sistem Eksekusi Perintah Menyerang
Sistem Eksekusi Perintah Menyerang
Pada layar ini, pemain harus memerintahkan servant sebanyak 3 kali, dari 5 perintah yang disediakan setiap turn (jika salah satu servant mempunyai bar NP 100% ke atas, maka ada penambahan 1 perintah untuk eksekusi “Special Skill”servant tersebut). Perintah menyerang dalam game ini ada 3 macam, yaitu “Buster”, “Arts”, dan “Quick”“Arts”, adalah perintah dasar untuk servant, di mana servant akan melakukan penyerangan dan menitikberatkan pengisian bar NP dan menghasilkan beberapa poin critical. “Buster” adalah tipe serangan sepenuh tenaga, damage yang dihasilkan merupakan paling besar di antara kedua perintah lainnya, tetapi perintah ini tidak menambah bar NP dan tidak menghasilkan poin critical sama sekali. Terakhir adalah “Quick”, perintah serangan terlemah dari semuanya, tetapi setiap hitnya 99% menghasilkan poin critical dan menambah bar NP, meskipun tidak sebanyak “Arts”. Tidak hanya itu, urutan perintah juga mempengaruhi efek yang terjadi, seperti jikalau perintah “Buster” ditaruh di perintah ketiga, maka tingkat kerusakan yang dihasilkan lebih tinggi, dibandingkan jika ditaruh di perintah pertama. Ada juga sistem “Chain”, di mana ketika pemain mengeksekusi 3 perintah dengan tipe serangan yang sama atau ketiga perintah dengan karakter yang sama, di turn tersebut akan diberikan efek khusus yang di mana bisa saja memutar balikkan kondisi pertempuran.
Saber in Action! Layar Animasi Saat Eksekusi Special Skill
Saber in Action! Layar Animasi Saat Eksekusi Special Skill
Belum cukup sampai di sini saja kerumitan game ini. Sistem “advantage“-nya juga cukup ribet, dikarenakan tipe servant dalam game ini ada 8. Tapi jangan khawatir, polanya ketebak, untuk tipe “Archer”“Saber” dan “Lancer” berada di satu pool sendiri, berikut juga dengan “RIder”, “Assassin“, dan “Caster”. Pengecualian untuk “Shielder”, di mana servantkelas ini menerima dan memberikan tingkat kerusakan secara netral, serta “Berserker”, memberikan dan menerima tingkat kerusakan dengan angka maksimal.
Sistem "Advantages" dan "Disadvantages" antar Servant Menambah Poin Kerumitan Game ini.
Sistem “Advantages” dan “Disadvantages” antar Servant Menambah Poin Kerumitan Game ini.
Pace game ini sendiri tergolong cukup lambat, baik untuk kenaikan level servant dan master, serta story progressionyang cukup memberikan gap antara satu episode dengan episode lainnya, membutuhkan pemain untuk menaikkan level master serta memperkuat servantnya. Untuk memaksimalkan pengembangan servant dan master, setiap hari adaquest event mingguan, untuk mendapatkan uang, material upgrade, serta untuk memaksimalkan level master sendiri.
Bagaimana? Mulai tertarik ingin mencoba game ini? Tunggu dulu! Coba cek spesifikasi smartphone kamu, apakah memenuhi syarat di bawah ini? Dikarenakan game ini sendiri cukup berat dan lumayan boros baterai (menggunakan Criware 3D Engine, engine yang sama dipakai untuk game Kairisei Million Arthur dan Idol Chronicle)
– Android 4.1 ke atas
– Smartphone atau Tablet PC dengan RAM 2GB ke atas
– Intel CPU tidak didukung
– Device Root tidak didukung
– USB Debugging Tidak didukung
– Mode Pengembang Tidak didukung
Sudah sesuai spesifikasinya? Saatnya mengunduh game ini dengan mengikuti tautan ini (Android), untuk versi iOS masih berstatus to-be-announced saat ulasan ini ditulis.
(atau via QooApp jika smartphone Android kamu tidak dapat mengunduh lewat tautan tersebut)
Final Verdict? Kesan awal, game ini diperuntukkan untuk penggemar anime seri Fate, tetapi bagi yang mahir bahasa Jepang dan menginginkan mobile game yang permainannya berbeda dari biasanya dan rumit, tidak ada salahnya untuk mencoba memainkan Fate/Grand Order.

Situs Resmi Fate/Grand Order 
©TYPE-MOON / FGO PROJECT

Sumber : WikibaAsia

0 komentar:

Post a Comment