Friday, July 29, 2016

Review: iDOLM@STER Cinderella Girls : Starlight Stage


Prologue : 

 Setelah sukses dengan Animenya, Bandai Namco merilis sebuah rhythm game khusus untuk seri ini yang berjudul THE iDOLM@STER Cinderella Girls : Starlight Stage pada paltform android dan ios. Meskipun masih dirilis dalam bahasa Jepang, game ini memiliki interface yang simple dan unik sehingga mudah dipelajari dan diingat oleh player. Game ini dirilis pada tanggal 3 September 2015 untuk region Jepang, untuk kalian yang berada diluar jepang jangan khawatir saya akan memberikan tutorial singkat dalam review ini.


Halaman depan game menampilkan idol utama kita serta status dari player.

Main Review :
 Game ini bergenre rhythm, yang berarti player atau dalam game ini produser, harus menekan not yang akan lewat pada point tertentu dengan tepat sesuai musik yang idol kita nyanyikan. Setiap lagu terdiri dari 4 macam tingkat kesulitan yang tentunya memiliki tingkat tantangan tersendiri bagi para player.
 
Menu untuk memilih lagu yang ingin dimainkan serta tingkat kesulitanya.

 Game ini juga menerapkan sistem stamina, dimana para player akan membayar setiap lagu yang akan dimainkan dengan stamina. Jika stamina habis maka teman-teman dapat menunggu hingga stamina beregenerasi sebanyak 1 point setiap 5 menit. Jika teman-teman bosan, terdapat juga fitur dimana kita bisa mendekorasi "kantor" kita dimana para idol melakukan aktifitas selain tampil di panggung. Player bisa membeli perabotan dengan uang yang didapat setelah memainkan lagu, harga dari perabotan itupun tidak begiru mahal.

 
Tampilan dari ruang kantor dan para idol yang tampil dalam bentuk chibi.

 Sebelum tampil para player juga dapat mengatur anggota tim dari idol-idol yang akan kalian pakai nanti, dalam memilih anggota tim player tidak bisa sembarangan karena setiap idol memiliki efek yang berbeda-beda dan kadang sangat membantu jadi pilihlah idol kalian dengan bijak. Dalam satu tim maksimal terdapat lima idol.


Tampilan menu untuk menentukan anggota tim.

 Fitur lain yang tidak kalah menarik dan membuat saya terpukau adalah adanya pilihan fitur dimana kita bisa mengatur tampilan saat idol kita tampil. Terdapat fitur 3D dan 2D dimana pada fitur 3D kita dapat menyaksikan para idol kita berdansa dengan indahnya dalam grafis 3d yang tidak main-main untuk ukuran game smartphone. Sedangkan pada fitur 2d kita hanya disuguhi gambar para idol kita dalam bentuk chibi dan gambar 2D yang simple. 

Tampilan 3D saat bermain.


Game rhythm simple dengan fitur-fitur yang menarik, jika anda orang sibuk butuh hiburan dan memiliki smartphone game ini cocok untuk anda. Sayang Bandai Namvo belum merilis game ini dalam versi bahas Inggris tapi percayalah, bahasa bukanlah kendala bagi teman-teman kalau memang ingin bermain. Bagi palyer yang diluar region Jepang bisa mendowload game ini dari "qooapp" sebuah aplikasi yang menyediakan game-game yang terkena region block. Teman-teman bisa mendapatkan "qooapp" dengan cukup mudah, hanya dengan mengetik "qooapp" pada kolom search di google maka teman-teman akan menemukan link utamnya, download "qooapp" tersebut lalu carilah game ini. Atau teman-teman bisa klik link ini untuk langsung menuju ke page milik qooapp. Selamat mencoba dan selamat bermain.

Sumber : CatatanWibu

0 komentar:

Post a Comment