Thursday, July 28, 2016

Apa Itu Episode OVA dalam Anime

Haloo Kalian apa Kabar ?? Admin hadir lagi, kali ini admin akan membahas sedikit tentang Apa Itu Episode OVA dalam Anime ... pasti kalian para Anime lovers setelah selesai dalam satu season anime atau ditengah anime tersebut sering dirilis dengan tag #OVA lantas apa itu episode OVA? apa OVA berbeda dengan seri lainya? oke akan kita bahas sekarang mengenai Apa Itu Episode OVA dalam Anime.

Pada umumnya Episode OVA dalam anime adalah episode tambahan yang dirilis setelah selesainya atau ditengah penayangan anime dalam satu season, tapi tidak semua judul Anime memiliki seri OVA, beberapa Anime juga banyak yang tidak mengeluarkan episode OVAnya.

Contoh Episode OVA dalam Anime Nisekoi, Via : Minatosuki

Jika dari segi bahasa OVA merupakan singkatan yaitu (Original Video Animation) yang merupakan istilah yang dipakau untuk menyebutkan serangkaian Anime yang langsung dijual ke pasaran dalam format video tanpa penyiaran media televisi ataupun bioskop.

Nah udah paham kan?? kalo pengen tau lebih detailnya akan kami ulas dalam Sejarah adanya Episode OVA dalam anime

Sejarah adanya Episode OVA dalam anime

Pada saat VCR (Video Cassette Recorder) populer dan banyak ditemui di rumah-rumah di jepang, saat itu industri Anime pun juga sangat berkembang pesat, keinginan para penonton anime pun juga sangat besar, mereka lebih ingin membeli kaset Anime dibanding menonton di televisi, hal inilah yang menyebabkan banyak serial Anime yang dikemas langsung dalam format Video selain dapat ditonton berulang tentunya bebas dari iklan dan scane yang kemungkinan dipotong saat penayangan seri TVnya.

Pada Tahun 1970 Anime dengan judul Dallos karya Sutradara Mamoru Oshii yang dirilis oleh Perusahaan Bandai untuk pertama kalinya dijual dalam format OVA yang dibandrol dengan harga 1000 hingga 2000 Yen. Yang akhirnya ditiru perusahaan lain yang juga ikut memproduksi OVA. Tetapi pada tahun 1990 Jepang dilanda Krisis ekonomi hal ini menyebabkan banyak Anime OVA yang berhenti produksi, dan beberapa yang masih melanjutkan produksi mengalami penurunan kualitas.

Memasuki tahun 2000-an jepang mulai bangkit dan berimbas pula pada mulai berkembangnya Anime Jepang lagi yang tentunya mendongkrak pemasaran edisi OVA lagi.

Sumber : ANI ID

0 komentar:

Post a Comment